Tips

10 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari


Mendapatkan tubuh yang bugar merupakan dambaan setiap orang. Dengan tubuh yang sehat dan bugar aktifitas pekerjaan sehari-hari dapat dikerjakan dengan baik, produktifitas pun meningkat. Ada begitu banyak tips dan anjuran untuk menjaga kesehatan yang beredar di media online termasuk dibagiin.com sendiri telah cukup banyak menyajikan artikel-artikel menarik dan bermanfaat seputar dunia kesehatan. 

Inilah 10 tips agar tetap bugar setiap hari :

1. Positive Thinking

Ada pepatah mens sana in corpore sano, yang artinya 'jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat'. Maksud dari kalimat ini jika di dalam jiwa seseorang sehat (positive thingking) maka tubuh pun akan sehat. Kondisi gangguan pada mental seperti stress dan depresi telah terbukti mengganggu kesehatan tubuh seseorang. Untuk itu, teruslah berpikir positif dan memanage kondisi mental agar tidak mengalami stress yang berpotensi mengganggu kesehatan.

2. Kenali bahasa tubuh

Tips agar tetap sehat
Kelelahan setelah melakukan aktifitas atau berolahraga merupakan bahasa tubuh kita untuk menyampaikan pesan bahwa tubuh perlu berisitrahat. Responi pesan tersebut dengan mengistirahatkan tubuh. Kita perlu aware bahkan untuk hal kecil sekalipun, misal mata yang terasa perih dan berair ketika bekerja di depan komputer, itu berarti mata kita sudah lelah dan butuh istirahat. Jangan paksakan kalau tidak ingin mengalami gangguan pada mata.
Beristirahat merupakan kondisi alamiah yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan stamina yang telah terkuras. Tidur merupakan istirahat terbaik, dan usahakan waktu tidur berkualitas sekitar 7 jam/hari terpenuhi. Dibagiin.com telah mengulas beberapa hal seputar tidur dan kualitas tidur pada artikel-artikel sebelumnya seperti Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala dan Tingkatkan Kualitas Tidur Dengan Tidur Tanpa Bantal. Tidak hanya pada malam hari, tidur di siang hari pun akan sangat memberi manfaat bagi tubuh kita seperti yang telah diulas pada artikel 5 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan.

3. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan

Ya, menjaga kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang mutlak harus dilakukan jika ingin tetap sehat dan bugar. Ada begitu banyak bakteri, kuman dan virus di sekitar kita yang berpotensi menjadi sumber penyakit. Biasakan diri untuk hidup bersih guna menghindari kontaminasi bakteri dan kuman berbahaya. Bicara masalah kebersihan, dibagiin.com juga telah mengulas beberapa hal yang berkaitan, seperti 10 Benda Paling Kotor Di Areal Umum dan Awas! Toilet Umum Bisa Jadi Sarang Bakteri.

4. Olahraga teratur

Setidaknya setiap pagi usahakan untuk berolahraga secara teratur. Cara ini terbukti sangat efektif untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

5. Perhatikan kebersihan makanan/minuman

Selalu pastikan makanan dan minuman yang akan kita konsumsi sudah dalam kondisi yang bersih dan sudah diolah dengan cara yang benar, sudah melewati proses pasteurisasi sesuai standar. Pasteurisasi adalah proses memanaskan masakan untuk membunuh mikroba. Perhatikan pula bahan makanan dan minuman, pastikan menghindari asupan makanan yang dapat merugikan kesehatan.

6. Konsumsi makanan berserat

Makanan berserat sudah dipercaya dan terbukti sangat berperan dalam menjaga kesehatan tubuh. Penuhi asupan makanan berserat setiap hari agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Salah satu sumber makanan yang kaya serat dan memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh diantaranya brokoli. Ingin mengetahui lebih jauh manfaat luar biasa dari brokoli? Baca 7 Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan.

7. Jangan makan berlebihan atau kurang

Makan berlebihan dapa membuat kita kegemukan atau obesitas yang dapat memicu berbagai macam penyakit seperti jantung dan lainnya. Sedangkan makan terlalu sedikit (karena alasan diet misalnya) beresiko berkurangnya asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanlah sesuai dengan kebutuhan, berat badan ideal tubuh pun sehat.

tips agar tetap sehat dan bugar8. Penuhi kebutuhan vitamin

Khususnya vitamin D karena vitamin D berperan untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri, menguatkan tulang, membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, diabetes, kanker serta mengurangi resiko penurunan daya ingat. Sumber vitamin D dapat berasal dari sinar matahari pagi, telur, ikan, susu dan keju.

9. Minum air putih 2 -3 liter/hari

Minimal minumlah 8 gelas air per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya. Jangan kurang, jangan pula lebih. Alih-alih ingin mendapatkan hasil maksimal dari manfaat minum air, jangan mengkonsumsi air secara berlebihan karena justru akan berdampak buruk bagi kesehatan seperti yang telah dibagiin.com ulas pada artikel Ini Alasan Terlalu Banyak Minum Tidak Baik Bagi Kesehatan.

10. Rutin membaca dibagiin.com

Tips terakhir adalah rutin membaca dibagiin.com karena dibagiin.com akan terus mengupdate artikel-artikel yang unik, menarik, ringan dan bermanfaat seputar dunia kesehatan. Jadilah sehat hari demi hari bersama dibagiin.com

Oke Sobat, itulah 10 tips agar tetap bugar setiap hari yang sudah kami rangkum untuk Sobat dibagiin semua. Semoga artikel ini bermanfaat dan kami sangat berharap Sobat bersedia untuk meneruskan artikel ini kepada rekan-rekan yang lain.



OKEZONE

Share this article :
+
0 Komentar untuk "10 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Setiap Hari"