Tips

5 Sayuran 'Ajaib' untuk Mencegah Kanker Serviks


Mencegah lebih baik daripada mengobati, langkah mencegah terjadinya penyakit dianggap lebih tepat dan murah. Berbagai cara pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan vaksinasi Human Papillomavirus (HPV), mengubah gaya hidup, sampai mengonsumsi makanan yang sehat dan berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker serviks.

Makan berbagai makanan sehat tak diragukan lagi menjadi salah satu faktor penting untuk hidup sehat. Namun berdasarkan American Cancer Society, risiko seorang perempuan terserang kanker serviks bisa diturunkan dengan mengonsumsi lima porsi sayur dan buah per hari.

Mengutip Lifehack, konsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan alami dalam berbagai sayur dan buah berbeda bisa membantu menghambat atau menghentikan penyebab mutasi sel jadi sel kanker.

Berikut jenis makanan yang wajib dikonsumsi untuk cegah kanker serviks:


1. Wortel

Wortel tak cuma bermanfaat untuk kesehatan mata dan sumber vitamin A. Namun sayuran berwarna cerah ini juga bermanfaat untuk menghambat dan mencegah pertumbuhan sel kanker serviks.


2. Teh hijau

Teh hijau adalah minuman yang popular karena manfaat kesehatannya. Salah satu alasannya adalah karena kandungan antioksidan.

Teh hijau mengandung polifenol yang bisa membantu pembelahan dan pembelahan sel kanker.


3. Kacang

Meski harganya tergolong murah, namun beraneka jenis kacang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kandungan serat dan protein tinggi bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel.

Kacang juga mengandung phytochemical yang berfungsi menghambar pertumbuhan tumor. Senyawa ini akan melindungi sel sehat agar tak bermutasi dan berubah jadi sel kanker serviks.





4. Selada

Mungkin sayuran ini hanya dikonsumsi jika Anda makan salad atau burger. Parahnya, sayuran ini juga kerap hanya jadi penghias piring makanan. Padahal sebenarnya, sayur ini juga punya banyak manfaat untuk mencegah kanker serviks.

Kandungan flavonoid dalam selada dianggap bisa menjadi salah satu nutrisi yang menghambat kanker.

5. Roti gandum utuh

Roti gandum utuh lebih dari sekadar makanan untuk menjaga berat badan. Roti gandum utuh mengandung karbohidrat dan juga vitamin B6.


Vitamin ini berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mengembalikan metabolisme sel darah merah, dam meningkatkan kesehatan sistem saraf.


sumber :
www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170417111639-262-208027/lima-makanan-ajaib-pencegah-kanker-serviks/
Share this article :
+
0 Komentar untuk "5 Sayuran 'Ajaib' untuk Mencegah Kanker Serviks"